Minggu, 07 Agustus 2011

Makanan Bergizi bagi wanita hamil

Makanan Bergizi bagi wanita hamil



Makanan bergizi bagi wanita hamil - Kehamilan merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu bagi pasangan yang telah berumah tangga. Hal ini merupakan karunia Tuhan YME yang senantiasa dijaga kesehatannya. Kebutuhan gizi dan nutrisi yang cukup selama hamil akan meningkat dan harus diperhatikan. Perubahan fisiologi selama kehamilan seperti bertambahnya volume plasma, meningkatnya persediaan cadangan makanan, meningkatnya aliran darah uterine, serta bertambahnya berat janin, cairan amniotik dan plasenta yang menyebabkan pertambahan berat badan. Ibu yang hamil rata-rata bertambah beratnya sebesar 12,5 kg. Oleh karena itu Makanan bagi wanita hamil harus sangat diperhatikan.
Adapun beberapa kebutuhan Gizi untuk Makanan bergizi bagi wanita hamil diantaranya :


  • Kalori
Kalori ini merupakan sumber energi bagi manusia, dimana berubahnya energi makanan menjadi energi dalam metabolisme. Karbohidrat merupakan sumber energi utama, yang terdiri dari dua jenis yaitu karbohidrat sederhana seperti gula pasir, gula merah dan karbohidrat kompleks seperti tepung, beras, jagung dan gandum.


  • Protein
Rata-rata kebutuhan protein bertambah 85 gr per hari. maka dari itu dianjurkan mengkonsumsi protein sebanyak 85 - 100 gram per hari pada lima bulan pertama kehamilan. Kebutuhan protein ini bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi tempe, tahu, susu, ikan, daging dan unggas. Mengonsumsi Ikan sangat dianjurkan, terutama ikan laut karena mengandung asam lemak omega 3 yang berperan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak serta proses penglihatan janin.


  • Zat Besi
Zat besi ini digunakan untuk pengganti penggunaan zat besi oleh sum-sum tulang, fetus dan plasenta. Ibu dan wanita hamil akan mengalami kekurangan zat besi yang bisa mengakibatkan anemia. kekurangan zat besi ini bisa mengakibatkan aborsi spontan, kelahiran dini, rendahnya berat badan bayi saat lahir, dan kematian bayi. Sumber Zat besi utama diperoleh dari hati, sumsum tulang, telur, daging, ikan, ayam dan sayuran berwarna hijau tua.


  • Asam Folat
Kekurangan asam folat akan menyebabkan anemia megaloblastik atau kekurangan oksigen. Bila hal ini berlangsung lama akan berdampak pada kerusakan organ-organ tubuh. Hal ini akan diperparah karena bisa menyebabkan kelahiran cacat, gangguan saraf atau gangguan perkembangan kecerdasan. Asam folat ini bisa didapat dari sayuran hijau, hati dan ayam


  • Kolin
Mungkin ini terdengar asing ditelinga orang awam, tetapi kolin merupakan salah satu vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan ibu atau wanita hamil terutama pada minggu ke delapan belas. Vitamin ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan bayi untuk membentuk hubungan antarneuron. Kolin bisa diperoleh dari kuning telur, daging tanpa lemak, ragi, kedelai, hati, otak, ginjal dan jantung.


  • Vitamin E
Makanan bergizi bagi wanita hamil selanjutnya ialah yang mengandung Vitamin E. Berfungsi sebagai anti-oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kromosom atau jaringan sel bayi. Vitamin E ini dapat ditemukan di gandum, sayuran hijau, biji-bijian, kedelai, minyak biji kapas dan minyak jagung.


  • Vitamin A
Kekurangan Vitamin A pada wanita hamil dapat menyebabkan bayi prematur dan dapat memperlambat pertumbuhan janin serta rendahnya berat bayi saat dilahirkan. Vitamin A dapat di temukan dengan mengonsumsi hati, susu, ikan, laut, sayuran, dan buah berwarna hijau atau kuning.


  • Vitamin B1
Kekurangan Vitamin B1 dapat menyebabkan kelahiran sebelum waktunya dan gangguan perkembangan janin. Vitamin B dapat dilakukan dengan mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, padi-padian dan daging.


  • Kalsium
Asupan kalsium yang dibutuhkan bagi wanita atau ibu hamil adalah 1.200 mg per hari yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi susu, keju, ikan teri, rebon kering, udang kering, kacang kedelai, dan brokoli segar.


  • Iodine
Iodine adalah salah satu mineral. Kekurangan iodine pada ibu atau wanita hamil akan mengakibatkan kretin atau tubuh kerdil yang ditunjukan dengan adanya gangguan mental dan fisik seperti karakteristik anak yang mengalami down syndrome. Iodine ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan dari laut serta tumbuhan yang hidup dekat pantai.


  • Zinc (seng)
Zinc berperan untuk meningkatkan sistem imum serta memperbaiki fungsi organ perasa seperti penglihatan, penciuman serta pengecap. Makanan bergizi bagi wanita hamil yang mengandung Zinc dapat diperolah dengan mengonsumsi daging, hati, telur, ayam, seafood, susu dan kacang-kacangan.

Makanan bagi wanita hamil

Makanan bergizi bagi wanita hamil

Hal ini atas merupakan beberapa Makanan bergizi bagi wanita hamil yang dibutuhkan selama proses kehamilan terjadi. Wanita atau ibu hamil memang butuh perhatian yang ekstra keras dan ketat khususnya dari konsumsi dan asupan makanan. Makanan yang sembarang serta tidak steril dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada janin ibu atau wanita hamil. Upayakan mengonsumsi makan makanan yang bergizi seperti yang sudah dijelaskan diatas.


http://egg-animation.blogspot.com/2011/08/makanan-bergizi-bagi-wanita-hamil.html

0 komentar:

Poskan Komentar