n ini informasikannya gan
Semoga Bermanfaat buat agan2


Herschel and Planck telescopes
Outer space bound: The Herschel (l) and Planck telescopes will separate after they have launched on the same rocket


Gambar keseluruhan alam semesta hasil jepretan teleskop Planck milik Badan Antariksa Eropa (ESA) dipublikasikan. Sebagai informasi, Planck, satelit yang menelan biaya 600 juta euro tersebut diluncurkan tahun lalu oleh ESA.

Seperti dikutip dari laman Telegraph, Senin, 5 Juli 2010, satelit Planck dikirim ke jarak jutaan mil di angkasa luar untuk merekam asal muasal alam semesta. Tugas satelit observator Planck adalah mengamati umur, muatan, dan evolusi kosmos dengan mempelajari suhu panas peninggalan Big Bang.

September tahun lalu, Planck mulai mengungkapkan citra pertama alam semesta berupa jalur-jalur cahaya berusia kuno di langit. Sekarang, Planck menghasilkan gambar langit secara menyeluruh. Citra tersebut menunjukkan objek di luar Bumi yang bisa terlihat oleh instrumen yang sensitif terhadap cahaya pada panjang gelombang yang sangat panjang.

Quote:
Gambar seluruh alam semesta yang menakjubkan yang diambil oleh Planck. Gambar didominasi oleh cahaya cerah dari galaksi Bima Sakti

Quote:
Konstelasi Orion dapat dilihat di sudut kanan, sedangkan tekstur berbintik-bintik radiasi akan memberikan para astronom petunjuk baru tentang pembentukan alam semesta
Galaksi Bima Sakti mendominasi gambar. Garis horisontal berwarna terang di tengah gambar adalah cakram utama galaksi di mana terletak Matahari dan Bumi.

Yang tampak terlihat di bagian atas adalah awan debu yang mencapai ribuan tahun cahaya. Sedangkan di bawah adalah bidang datar galaktik. Ilmuwan akan membutuhkan bertahun-tahun untuk menganalisis gambar tersebut agar bisa memahami mengapa alam semesta bisa seperti keadaannya saat ini.

“Yang Anda lihat adalah struktur galaksi kita dalam bentuk gas dan debu. Itu memberi tahu kita tentang apa yang terjadi di area sekitar Matahari, dan juga memberi tahu kita mengenai cara pembentukan galaksi bila kita bandingkan dengan galaksi lain,” kata Profesor Andrew Jaffe, anggota tim Planck dari Imperial College London, pada BBC News.

Referensi: vivanews, DailyMail

The stunning all-sky image taken by Planck is dominated by the  brightness from our own Milky Way galaxy
The stunning all-sky image taken by Planck is dominated by the brightness from our own Milky Way galaxy

The familiar constellation Orion can be seen in the far-right  corner, while the mottled texture of the Universe's background radiation  will give astronomers new clues about the formation of the Universe
The familiar constellation Orion can be seen in the far-right corner, while the mottled texture of the Universe's background radiation will give astronomers new clues about the formation of the Universe

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Top